Bisakah NLP Membantu Atau Membahayakan Bisnis Anda?




Rekomendasikan Artikel Artikel Komentar Cetak Artikel Bagikan artikel ini di Facebook 3Barkan artikel ini di Twitter 1Barkan artikel ini di Google+ Bagikan artikel ini di Linkedin Bagikan artikel ini di StumbleUpon 1Bagikan artikel ini di Delicious 1Bagikan artikel ini di Digg 1Bagikan artikel ini di Digg 1Bagikan artikel di Reddit Penulis Ahli Pinterest, Graham Yemm
Jawaban sederhana untuk hal di atas adalah, "keduanya"! Itu tergantung pada beberapa hal. Mungkin hal pertama yang harus dijelajahi adalah reaksi Anda melihat ketiga huruf itu disatukan? Jika seseorang memberi tahu Anda bahwa mereka adalah seorang praktisi NLP, apakah Anda mencari salib dan siung bawang putih? Apakah Anda menyambut mereka dan ingin tahu lebih banyak?

Dalam artikel ini saya ingin membahas empat aspek utama:

Mengapa mengetahui lebih banyak tentang NLP dan penggunaannya mungkin berguna bagi Anda dan orang lain di organisasi Anda.
Apa NLP itu dan beberapa prinsip utama.
Bagaimana ini digunakan di beberapa organisasi.
Apa yang mungkin dapat Anda lakukan dengannya di masa depan.
Meskipun saya telah terlibat dengan NLP, dan menggunakannya dalam pekerjaan dan bagian lain dari hidup saya selama lebih dari 10 tahun, saya bukan salah satu penginjil dan saya juga percaya itu bukan obat mujarab! Saya tidak bermaksud membela NLP. Saya memiliki pandangan sendiri tentang apa itu dan bagaimana itu bisa bekerja untuk mereka yang ingin belajar lebih banyak tentang hal itu - tetapi saya tidak dapat menawarkan bukti empiris untuk ini dan tidak bermaksud untuk itu. Selama waktu itu saya menyadari bahwa itu dapat membantu kebanyakan orang, dan dalam banyak cara berbeda. Apakah meningkatkan komunikasi dan mempengaruhi keterampilan individu; memungkinkan para manajer dan pemimpin untuk beroperasi secara lebih efektif; memberikan penjualan dan layanan pelanggan orang lebih banyak pilihan ketika berhadapan dengan berbagai prospek dan klien, membantu tim untuk bekerja sama, menyediakan alat untuk mengatasi masalah atau memberikan pemahaman yang lebih baik kepada diri mereka sendiri - daftar ini tidak terbatas pada disiplin atau kelompok tertentu .
Salah satu masalah terbesar dengan NLP adalah namanya !! Neuro Linguistic Programming bukanlah branding tim pemasaran yang cerdas! Selain sebagai "pengguna-tidak ramah" kata terakhir sering membawa kesan negatif bagi banyak orang. Tanpa memberikan seluruh sejarah, cukup untuk mengatakan bahwa pengembang asli NLP, Richard Bandler dan John Grinder, terlibat dalam matematika dan linguistik. Banyak dari apa yang mereka identifikasi dan kembangkan didasarkan pada karya para ahli linguistik terkenal - salah satunya (Alfred Korzybski) telah menggunakan istilah neuro-linguistik dalam karyanya. Prinsipnya adalah bahwa "neuro" adalah untuk memahami bagaimana kita memproses dan berpikir tentang hal-hal, "linguistik" adalah untuk mempertimbangkan kata-kata yang kita gunakan dan petunjuk di dalamnya, dan akhirnya, "pemrograman" adalah bagaimana kita telah menghasilkan pola dalam diri kita sendiri dan terus menjalankan program. (Seperti dalam komputasi - bahkan jika instruksi dalam program tidak tampak relevan atau masuk akal.) Kuncinya ada di bagian terakhir ini dan definisi berikut dibuat darinya: NLP adalah seperangkat prinsip, sikap, dan teknik penuntun. yang memungkinkan Anda untuk mengubah pola perilaku seperti yang Anda inginkan. "

Premis mendasar dari pekerjaan awal yang dilakukan oleh Bandler dan Grinder adalah bahwa mereka ingin mempelajari orang-orang yang sangat baik dan untuk mengidentifikasi apa yang secara khusus mereka lakukan untuk mencapai hal ini. Mereka ingin dapat memecah ini dan mengidentifikasi elemen-elemen spesifik - dan kemudian mengajarkan atau memberikan ini kepada orang lain untuk meningkatkan kinerja mereka. (Oleh karena itu, definisi yang lebih sederhana yang menyatakan bahwa NLP adalah "studi keunggulan".) Dari karya awal ini sejumlah alat dan teknik diciptakan, beberapa diadaptasi dari disiplin ilmu yang berbeda, dan yang lain telah dikembangkan oleh orang-orang seperti Robert Dilts  http://www.jualbelikomputerbekas.com/.

Banyak alat dan teknik ini bisa sangat kuat. Ini, pada gilirannya, dapat menyebabkan tuduhan bahwa NLP "manipulatif". Pertanyaan pertama - bagaimana Anda mendefinisikan perbedaan antara manipulasi dan pengaruh? Poin kedua, apakah pahat adalah senjata pembunuh ketika di tangan Michelangelo dan dia memahat "David" atau "The Pieta"? Ya, di tangan yang salah, NLP memiliki banyak alat manipulatif, terutama ketika Anda melihat beberapa situs web dan yang lain tentang "Menguasai Seni Menggoda" dll !! Ini berkaitan dengan integritas, dan niat, dari pengguna.

Bagi saya, salah satu aplikasi NLP yang paling kuat adalah menggunakannya sendiri. Ini membantu saya untuk mengenal saya lebih baik lagi, untuk mengenali bahwa saya dapat mengembangkan lebih banyak fleksibilitas dalam tindakan dan interaksi saya dan untuk mengambil lebih banyak tanggung jawab atas pikiran dan tindakan saya sendiri. Ada model tertentu yang digunakan dalam NLP yang disebut Tingkat Penyelarasan Neurologis (atau Tingkat Logical) yang dapat membantu dalam berbagai cara, dan saya telah menemukan manfaat besar bagi saya - dan dengan individu dan kelompok dalam klien. (Hubungi kami untuk meminta diagram.) Meskipun beberapa analis dengan senang hati memisahkannya dan membantahnya - dalam pengalaman saya ini berhasil! Pada dasarnya, buat perubahan lebih dekat ke pusat dan mereka akan lebih tahan lama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Anda Ingin Belajar NLP?

Penahan Positif Dengan NLP